Ad Code

Hosting, Definisi, Jenis dan Cara Mendapatkannya


Apa itu Hosting
- Berikut ini hendak memberikan penjelasan yang jelas apa itu hosting dalam dunia internet.

Masing- masing hari kita sudah akrab dengan internet, karena tetap kita akses baik itu mengenakan komputer maupun mengenakan telepon pintar. Kita mengakses berbagai halaman website maupun website buat memenuhi kebutuhan informasi. Namun pernahkah kalian berpikir, gimana sesuatu website itu bisa terbit? apa saja infrastruktur yang harus dipenuhi? antara lain ialah domain dan hosting.

Definisi HOSTING

Saya ingin mengenakan bahasa saya sendiri buat menarangkan apa itu hosting. Hosting ialah tempat dimana kita menyimpan file- file ataupun halaman website yang kita buat. File- file ini bisa berupa file gambar, teks, video dan lain- lain sehingga sesuatu halaman website maupun website bisa terbit. Jadi domain itu nama dari website, kebalikannya hosting ialah tempat buat menyimpan filenya.

Apabila dianalogikan, website ialah sesuatu bangunan, sampai hosting ialah sepetak tanah dan domain ialah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sesuatu hosting terdiri dari sesuatu server maupun gabungan server- server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan besar.

Layanan web hosting ialah jasa layanan internet yang sajikan sumber tenaga server- server buat disewakan sehingga membolehkan organisasi maupun orang menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, maupun DNS.

Antara domain dan hosting tidak dapat dipisahkan, jadi apabila kita ingin membuat website maupun website dan bisa terbit di internet kita wajib memiliki domain dan hosting. Ini sudah dibahas pada pengertian domain halaman lebih dulu.

Macam Jenis Hosting

Hosting pula ada jenisnya, masing- masing hosting memiliki kualitas, tenaga penyimpanan dan nyatanya harga yang berbeda beda. Berikut jenisnya dan contohnya:

1. Free Hosting

Yakni hosting yang diberikan gratis oleh suatu pihak tanpa dipungut bayaran dari penggunanya. Ya yang namanya gratis nyatanya memiliki batasan, baik itu dari segi penyimpanan ataupun aspek lain yang membenarkan kualitas dari suatu website. Hosting jenis ini sangat berguna buat mereka yang ingin belajar membuat dan memelihara suatu website. Walaupun banyak dibatasan yang di tentukan penyedia hosting gratis namun untuk saya itu sudah cukup buat kamu yang ingin belajar mengenakan gimana mengenakan hosting.

2. Shared Hosting

Ialah layanan hosting berbagi, berbagi disini berarti hosting yang kalian gunakan pula digunakan secara bersama oleh pengguna lain.

Layanan hosting jenis ini cocok buat kalian yang ingin memiliki website dengan hosting berbayar biar terlihat semacam website professional dengan bayaran yang relatif murah. Hosting jenis ini banyak digunakan website yang memiliki trafik yang masih sedikit.

3. VPS Hosting

Pada satu server terdapat sebagian vps yang disewa oleh sebagian. Hosting jenis ini memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan pula bisa menampung trafik kunjungan yang cukup banyak. Namun buat dapat mengenakan hosting jenis ini kalian harus memiliki pengetahuan dan pengalaman buat dapat mengelolanya.

4. Dedicated Hosting

Pada hosting ini kalian memiliki satu server yang dibuat istimewa buat menyimpan data dan menampung setelah itu lintas trafik pada website kalian. Segala pergantian dan control terhadap hosting ini terletak di tangan kalian, jadi kalian mengidentifikasi segala seluk beluk server website kalian. Hanya saja kalian memerlukan pengetahuan teknis yang besar buat dapat mengelola hosting jenis ini.

Gimana Mendapatkan LAYANAN HOSTING

Semacam yang sudah disinggung pada pengertian hosting di atas, buat menerbitkan halaman website di internet, kita harus memiliki domain dan hosting. Setelah itu gimana kita bisa mendapatkan layanan domain dan hosting?

Buat mendapatkan layanan hosting, kita dapat menyewanya pada pihak ketiga. Di internet ada banyak sekali industri yang mengkhususkan diri dalam jasa penyewaan domain dan hosting, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Cuma berita, buat membeli layanan hosting dari luar negeri kita harus memiliki kartu kredit sebagai peralatan pembayarannya.

Kalian bisa mencari layanan hosting pada halaman pencarian Google dengan mengetikkan kata kunci" beli hosting" maupun bisa pula" hosting murah". Dari catatan industri yang menjual hosting, kalian bisa membandingkan fitur dan harga dari industri hosting yang satu dengan industri hosting yang lain.

Semacam itu sedikit pembahasan mengenai Apa itu hosting. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dari artikel diatas. 

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu